Macam-Macam Masker untuk Virus Covid 19

Kategori │Konveksi Surabaya

http://syaifulanam77.wagomu.id/ - Masyarakat belakangan ini wajib mengenakan masker, kemana pun mereka pergi. Perlu diketahui ada beberapa jenis masker yang bisa digunakan oleh masyarakat. Adapun jenis-jenis masker tersebut adalah :



1. N95

Merupakan masker yang bisa memfilter 95% partikel dengan ukuran 0.3 um dan mampu menahan virus. Sangat efektif untuk mencegah penyakit yang ditularkan melalui airborne (udara). Juga untuk Covid 19. Sebelum wabah menyerang, masker ini digunakan untuk keperluan medis dan juga untuk para petugas lab, tetapi pekerjaan lain yang berhubungan dengan cairan kimia seperti tukang cat pun menggunakan masker ini supaya lebih aman dan nyaman.

2. Surgical mask

Merupakan masker dengan tiga lapisan tiap piece-nya. Lapisan yang paling luar memiliki warna hijau atau biru, dan sifatnya water repellent supaya bisa mencegah percikan atau droplet masuk ke masker kita. Kemudian lapis tengah untuk filtrasi, mampu menahan 90% partikel dengan ukuran 5 um. Sementara lapisan dalam untuk menyerap kelembapan atau bagian yang basah. Masker ini sempat melambung harganya karena jarang di pasaran saat Corona menyerang.

3. Masker kain

Yang ketiga adalah masker berbahan katun atau kain. Jika dilihat segi efisiensinya, memang masker custom ini bisa dikatakan tak sehebat jenis masker yang lainnya. Namun sekarang banyak pula masker kain yang dibuat dua lapis, dengan kain yang breathable sehingga tetap bisa melindungi dengan maksimal, juga tetap nyaman digunakan. Masker kain juga bisa dicuci berulang kali, sehingga lebih awet serta hemat.

Demikian adalah beberapa macam masker yang bisa digunakan saat wabah Covid 19 menyerang. Perlu diketahui jika masker N95 dan surgical mask tak bisa digunakan berulang kali. Dalam waktu 6-8 jam biasanya sudah harus diganti dengan yang baru.

Sementara itu masker kain paling efektif bekerja selama 4 jam pemakaian saja, dan setelah itu harus dilepas dan dicuci dengan air sabun. Kita harus memiliki dua sampai empat lembar masker kain sebagai stok jika masker yang pertama dicuci.

Baca Juga : Syarat Masker Kain Aman Digunakaan Saat Corona

Tag :Masker